Step Modif Motor : Ex Honda CS1

kemarin temen aku sempat bingung gimana cara modifikasi motornya, yang kebetulan sama tipe nya dengan sepeda motor aku. mau engga mau supaya terlihat keren bareng bareng aku pengen kasih sedikit tahapan gimana supaya engga bingung mau mulai dari mana. aku bukan modifikator kelas atas sih cuma dari pengamatan aku selama ini aku cukup paham bagaimana selera dan apa yang harus dilakukan buat ubah penampilan motor secukupnya atau ampe ngerubah desain motor yang sebenarnya.



fyi , motor aku adalah Honda CS1 warna silver yang mana tampilan aslinya adalah kayak ini :



nah, udah lumayan keren kan sebenarnya? tapi banyak yang engga suka sama sepeda motor pabrikan Honda ini.

buat aku menjadi sesuatu yang beda itu keren, begitu juga punya motor yang jarang digunakan oleh orang lain. setelah diberi beberapa sentuhan, jadi lah motor aku jadi seperti ini :





udah banyak yang berubah juga kan kalo dilihat sekilas mata, aku emang engga mau modif yang terlalu ekstrim, soalnya siapa tau ada rezeki ganti motor kan sayang hehehe.


langsung aja ya aku kasih sedikit tahapan buat modifikasi motor biar agak berebeda dari aslinya.


1. tentukan konsep awal motor mau dibuat kayak gimana , apakah sporty, fashionable, atau misalnya futuristik kayak yang aku terapkan. kenapa aku pilih futuristik, adalah karena bentuk sepeda motor ini yang mendukung secara bentuk body yang dominan meruncing diujung. selain itu futuristik atau masa depan identik dengan sesuatu yang berkilau supaya lebih blink blink dilihat mata. 


2. setelah udah dapat konsep yang mau dibuat ke motor, mulai dari kaki kaki motor. kalo mau pake konsep yang sporty mending pertahankan atau gunakan velg sebagai kaki motor biar terkesan gagah dan padat. selain itu gunakan ukuran ban yang agak besar untuk mendukung kegagahan bagian kaki kaki. sedangkan kalo mau mengarah ke konsep futuristik atau fashionable, mendingan ganti aja pake jari jari. biasanya tahap ini agak banyak makan biaya sih, mulai dari pembelian lingkar, tromol depan dan belakang , jari jari dan penyesuaiannya. nah, pergantian ini bertujuan agar kaki kaki motor terlihat berkilau saat dikendarai. penggunaan jari jari sebaiknya yang chrome , walaupun agak mahal tapi memuaskan. jangan lupa juga sih buat rajin ngebersihkan setiap hari, minimal supaya awet buat jangka panjang. soal lingkar motor zaman sekarang banyak banget yang bisa dicoba. beberapa vendor menyediakan aneka lingkar dengan warna dan design yang variatif, disesuaikan dengan selera aja. oh ya salah satu penggunaan jari jari lebih baik adalah karena  membuat kaki kaki lebih kokoh dibandingkan velg.





3. berikan variasi pada spareparts yang buat motor kamu makin keren dan terlihat simple. asalkan tahapan ini engga mengganggu fungsi utama demi keamanan sepeda motor. misalnya variasi tromol depan yang gede, atau modifikasi pada stang motor dibuat simple. bisa dengan menambahkan ampere oil digital yang simple.






4. terakhir adalah permainan warna aja. bebas pilih mau buat gimana asal cocok aja dimasukin di motor. aku saranin jangan memberi warna secara dominan, lebih baik menggunakan warna netral dan polos supaya lebih enak dilihat. kalo mau tambahan variasi kamu bisa cutting sticker atau air brush.


tambahan lagi sedikit, untuk menambah performa motor kamu bisa ganti pembuangan alias knalpot dengan yang racing agar lebih sangar lagi raungan mesinnya hehehe. variasi ban luar motor juga mempengaruhi performa motor dan penampilan, dan yang paling utama adalah sisi keamanan. cari aman aja deh soal ukuran dan variasi ban, mendingan biasa aja daripada misalnya celaka.


oke aku rasa cukup, karena saat ini motor aku juga belum selesai pengerjaan modifikasinya. jujur aja aku lebih suka cara yang step by step ketimbang langsung jadi. selamat berkreasi dengan motor sendiri .

0 komentar:

Posting Komentar

  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Yahoo! Buzz
  • Technorati
  • Facebook
  • TwitThis
  • MySpace
  • LinkedIn
  • Google
  • Reddit
  • Netvibes
Design by eckoCS1Copyright © 2010 Motor Baturaja | Powered by Blogger